ADSENSE IN ARTICLE AD
ADSENSE 336x280 bawah judul
Masih dalam ulasan untuk saling berbagi bocoran-bocoran mengenai mesin motor Anda. Setelah beberapa ulasan sebelumnya yang mengulas tentang korek harian motor, spesifikasi motor atau lainnya. Kini Motor Area akan berbagi sedikit tentang Resiko Akibat Filter Udara Kotor. Dimana filter udara adalah komponen yang memiliki fungsi untuk menyaring udara bebas dari luar yang akan masuk ke ruang pembakaran agar selalu dalam keadaan bersih, dimana udara ini akan dikabutkan yang dicampurkan dengan bahan bakar didalam suatu komponen yakni Karburator.Filter yang langsung berhubungan dengan alat pengkabutan ini pada kenyatannya memang memiliki kegunaan yang cukup penting. Berdasarkan pengalaman, filter pada sebuah sepeda motor ini hanya dibersihkan sewaktu kita melakukan servis ke bengkel resmi atau bengkel langganan saja. Terkadang meskipun Anda rutin melakukan servis ringan, pada bagian filter terkadang terlupakan untuk dibersihkan, palingan hanya di semprot menggunakan angin kompresor. Namun jika hanya disemprot saja tanpa dibuka, filter tidak akan bersih dengan maksimal Kawan, terutama pada motor matic.
Pada motor Matic, Filter Udara ini memiliki dua, yakni Filter Udara yang tersambung pada alat pengkabutan (Karburator) dan yang satunya terdapat dibagian blok mesin kiri, tepatnya pada tempat berikut ini (pada Yamaha Mio Automatic). Coba perhatikan gambar berikut.
Filter Udara Blok Kiri Matic |
Berikut merupakan Resiko Akibat Filter Udara Kotor :
1. Tarikan Terasa Berat
Bagaimana tidak, jika filter udara kotor, maka dengan secara otomatis udara yang masuk akan berkurang. Dengan berkurangnya udara yang dibutuhkan Karburator sebagai pencampur bahan bakar, maka yang terjadi disini adalah banyaknya bahan bakar dibandingkan udara yang dimasukkan kedalam ruang bakar. Sehingga jika terjadi hal seperti ini, maka sistem kerja pembakaran pada ruang bakar akan tidak sempurna dan tarikan si motor akan terasa berat.
2. Borosnya Bahan Bakar
Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa jika berkurangnya udara yang dibutuhkan karena filter kotor, maka akan ada kemungkinan pada sistem pengkabutan akan lebih banyak menggunakan bahan bakar dibandingkan udara yang akan disalurkan ke ruang bakar. Kejadian seperti inilah yang mengakibatkan borosnya bahan bakar yang digunakan.
3. Tersendatnya Nafas Ketika RPM Tinggi
Pada pengalaman Saya ketika filter udara motor Mio Saya kotor, terasa sangat kesal ketika sedang beradu kecepatan namun si motor kurang maksimal hanya karena Filternya kotor. Nah, kejadian yang dialami ini gak mau terjadi pada Anda juga kan ..? Maka dari itu, sering-seringlah mebersihkan filter pada motor Anda. Jika filter udara kotor, maka selain kedua akibat yang telah dijelaskan diatas, ketika Anda berada dalam RPM tinggi, simotor akan terasa lebih berat dan terkadang enggan diajak lari dan nafas terasa seperti orang sedang ashma .. hehe
Perbersihan Filter Udara (Karburator) |
Sebagai penutup, Saya ucapkan terima kasih dan semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda Kawan Motor !!!! Salam Motor Area ...
0 Response to "Resiko Akibat Filter Udara Kotor"
Posting Komentar