ADS LEVEL PAGE 16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru | motor yamaha
HEADER 336x280
responsive

16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru

ADSENSE IN ARTICLE AD
ADSENSE 336x280 bawah judul
Pada beberapa waktu lalu pabrikan asal Jepang yang berlambang sayap telah merilis varian motor sport terbarunya. Motor rilisan terbarunya ini merupakan suatu suguhan dan penyegaran agar konsumen semakin merasa puas akan kehadiran motor sport rilisan terbaru dari Honda ini.

Motor sport Honda yang memiliki volume cylinder 250 cc ini salah satunya. Dengan dirilisnya Honda CBR250R yang menjadi All New Honda CBR250R ini tentunya sangat menarik banyak pihak. All New Honda CBR250R bukan hanya hadir dengan tampilan yang lebih segar dan baru. Tapi performa juga diklaim lebih baik. Dengan powernya yang meningkat dari versi lama yang hanya 20 kW pada 8.500 rpm, kini pada All New menjadi 21 kW atau 29 dk pada 9.000 rpm. Sedangkan pada torsi maksimalnya juga memiliki peningkatan 23 Nm di 7.500 rpm.

16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru
Honda All New CBR250R vs Honda CBR250R Lama
Dengan perubahan performa pada mesin dan tentunya yang mencolok adalah pada bagian desain, membuat banyak hal yang menjadi sentuhan ubahan dari Honda CBR250R ke All New Honda CBR250R. Perubahan ini melibatkan 16 part yang didesain baru. Sampai pada bagian crank case-nya pun tak luput dari ubahan. Apa sajakah 16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru ..? Simak ulasan berikut !!!!

1. Bearing Balancer | 2. Crank Case
Bearing balancer kruk as pada All New CBR 250R diganti dengan yang lebih besar. Bearing ini memiliki tebal 15 mm, lebih tebal 1 mm dan diameter luarnya jadi lebih besar yaitu jadi 52 mm, sedangkan yang versi lama hanya 47 mm. Perubahan diameter luas bearing menyebabkan crank case berubah karena dudukannya juga harus menjadi lebih besar pula.

16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru
Crank Case


3. Kruk As
Tenaga lebih besar, komponen harus makin kuat. Tak heran jika akhirnya pen kruk as diperkuat dengan material khusus.
16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru
Kruk As

4. Piston | 5. Pin Piston
Agar gesekan berkurang, lapisan molybdnum di sisi samping piston ditambah dengan oil lock yang berfungsi untuk membantu pelumasan. Clip piston diganti, kini cincin kecil ini tebalnya jadi 1,5 mm, sedangkan pada versi sebelumnya hanya 1,4 mm.

16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru
Piston dan pin Piston

6. Head Cylinder
Pada bagian kepala silinder, O2 sensor yang dulu ada di kepala silinder kini dipindah ke leher knalpot. Daerah di kepala silinder, kini lebih simpel tanpa ada banyak komponen yang terdapat pada bagian yang satu ini.

16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru
Head Cylinder
7. Per Klep | 8. Rocker Arm
Dengan tujuan mengurangi efek floating di putaran mesin tinggi, per klep diganti dengan yang lebih tebal. Kini tebalnya jadi 5,3 mm, sedangkan pada versi yang lama hanya 4,9 mm. Mengimbangi per klep yang lebih keras, rocker arm diberikan sentuhan heat treatment sehingga menjadi lebih kuat.

16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru
Per Klep dan Rocker Arm
9. Tensioner Rantai Keteng | 10. Lifter Tensioner Rantai Keteng
Per klep yang lebih keras juga mengharuskan rantai keteng untuk bekerja lebih ekstra. Salah satu komponen yang rawan rusak jika dibiarkan dengan spek sebelumnya adalah lifter tensioner rantai keteng. maka dari itu untuk mencegah hal tersebut, load tensioner berubah 1 mm, begitu pula dengan tensioner yang berbentuk lidah ini.  Sehingga tensioner ikut diperkuat dengan membuat desain baru.

16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru
Tensioner
11. Kopling  | 12. Lever Comp Clutch
Agar perpindahan gigi makin halus, pada bagian kopling ditambah dengan judder spring dan seat judder spring. Komponen ini mampu menambah feeling responsif saat menarik kopling sekaligus mengurangi efek selip. Tuas kopling atau dalam bahasa kerennya lever comp clutch, dibuat lebih pendek sehingga feeling perpindahan gigi lebih mudah dan dapat dirasakan.

16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru
Kopling dan Lever Comp Clucth
13. Gear Ratio
Pada bagian gear ratio, dilakukan perubahan agar perpindahan gigi All New Honda CBR250R ini lebih close karena ratio-nya dibuat lebih ringan, sehingga efeknya yakni jadi lebih responsif. perubahan gear ratio ini berubah dari gigi 1 sampai 6. Yang artinya dilakukan secara keseluruhan pada bagian yang satu ini.

16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru
Gear Ratio
Coba perhatikan !!!
Ratio pada All New Honda CBR250R
1 = 3,417 (41/12), 2 = 2,250 (36/16), 3 = 1,650 (33/20), 4 = 1,350 (27/20), 5 = 1,167 (28/24), 6 = 1,038 (27/26).

Ratio pada Honda CBR250R lama
1 = 3,333 (40/12), 2 = 2,117 (36/17), 3 = 1,571 (33/21), 4 = 1,304 (30/23), 5 = 1,115 (29/26), 6 = 0,962 (26/27).

14. Gear Starting Driven
Untuk menambah daya tahan, komponen ini memiliki diameter bearing needle yang lebih besar yakni 36 mm.

16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru
Gear Starting Driven

15. Gear Balancer | 16. Gear Balancer
Driven Kedua komponen ini mengalami perubahan gigi dari 34 menjadi 35. Tujuannya untuk menyesuaikan kenaikan putaran mesin dari model sebelumnya. Sehingga hasil yang didapat akan lebih terasa lebih responsif.


Setelah dijelaskan 16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru yang dijelaskan diatas, Mari kita tengok Spesifikasi All New Honda CBR250R :

P x L x T : 2.033 x 720 x 1.119 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.378 mm
Jarak ke tanah : 146 mm
Berat kosong : 164 Kg
Kapasitas tangki : 13 liter
Rangka : Twin Spar Steel
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Lengan Ayun (Pro-Link)
Ban Depan : 110/70-17M/C (Tubeless)
Ban Belakang : 140/70-17M/C (Tubeless)
Rem Depan : Cakram Hidraulik (Tersedia versi ABS)
Rem Belakang : Cakram Hidraulik (Tersedia versi ABS)
Mesin : 4 Langkah, DOHC 4 klep, Silinder Tunggal
Volume : 249,67 cc
Diameter x Langkah : 76 x 55 mm
Rasio Kompresi : 10,7:1
Daya Maksimum : 28,16 dk (21 kW)/9.000 rpm
Torsi Maksimum : 23 Nm/7.500 rpm
Kapasitas oli : 1,8 liter
Transmisi : 6 speed
Tipe Starter : Electric Starter
Tipe Battery : 12V-6Ah
Busi : NGK 81MR8A9
Pengapian : Full-Transistor Baterry Ignition

Untuk membuktikan bahwa All New Honda CBR250R ini lebih cepat dibanding Honda CBR250R versi lama, maka telah dibuktikan melalui dilakukannya tes akselerasi memakai Vericom VC-3000. Pada hasil tester ini, didapat hasil pada CBR250R baru ini hanya membutuhkan waktu 3,38 detik untuk berakselerasi dari 0 - 60 km/jam. Sedangkan untuk mendapatkan 100 km/jam yakni tembus diangka 6,41 detik. Sementara untuk menempuh jarak 0 - 201 meter, dicapai hanya dalam waktu 9,72 detik. Dari hasil ini disimpulkan bahwa All New Honda CBR250R ini Lebih cepat 0,61 detik jika dibandingkan dengan sang kakak yakni CBR250R versi lama.

Sumber : awansanblog.wordpress.com
Sumber Image : Otomotifnet.com
ADSENSE 336x280 bawah artikel

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru"

Posting Komentar

FLOATING ADS